Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha
Author
Farida, Nurul
Sutikno, Bayu
Zuraida, Lukia
Subject
Manajemen Pemasaran
Datestamp
2019-08-14 04:21:54
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kinerja pengurus, partisipasi anggota, dan pelayanan terhadap kinerja koperasi pegawai republik indonesia (KPRI) Melati Husada RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta.
Variabel independen yang diteliti yaitu: Kinerja Pengurus (X1), Partisipasi Anggota (X2), dan Pelayanan (X3) dengan variabel dependen yaitu Kinerja Koperasi (Y). Menggunakan analisis regresi linier berganda dengan metode analisa uji T dan uji F. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 95 responden yang tercatat sebagai anggota koperasi Melati Husada. Sedangkan pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling yaitu tidak memberikan peluang yang sama bagi unsur populasi untuk dipilih sebagai sampel. Selanjutnya Uji yang digunakan untuk menguji instrument penelitian berupa uji validitas dan reliabilitas. Uji hipotesis menggunakan uji T dan uji F, sedangkan analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Pengaruh Pelayanan terhadap Kinerja Koperasi
Hasil Uji T : Pengaruh Kinerja Pengurus terhadap Kinerja Koperasi diperoleh t hitung = 6,161, Partisipasi Anggota terhadap Kinerja Koperasi diperoleh T hitung 3,597, pengaruh Pelayanan terhadap Kinerja Koperasi diperoleh T hitung 4,100. Hasil Uji F (simultan) menunjukkan bahwa variabel Kinerja Pengurus, Partisipasi Anggota, dan Pelayanan secara bersama-sama (simultan) berpengaruh secara signifikan terhadap Kinerja Koperasi. Nilai AdjustedR2 sebesar 0,534 menunjukkan kemampuan variabel independen mempengaruhi kinerja koperasi sebesar 53,4% dan sisanya sebesar 46,6% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Kesimpulan Kinerja Pengurus, partisipasi anggota dan pelayanan berpengaruh secara simultan maupun secara parsial terhadap kinerja koperasi, Saran Kinerja Pengurus lebih ditingkatkan lagi secara optimal dengan menambah jam kerja, pelatihan keterampilan serta perlu memberikan harga khusus untuk anggota serta peningkatan variasi barang yang dijual di koperasi, Perlu dilakukan penelitian lebih lanjut, baik sifatnya mengulang, memperluas, maupun memperdalam dengan meneliti variable-variabel lain yang terkait dengan kinerja koperasi.
Kata Kunci: Kinerja Pengurus, Partisipasi Anggota, Pelayanan, Kinerja Koperasi, KPRI Melati Husada, RSUP Dr. Sardjito.