Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha
Author
Sanusi, Sanusi
Suprihanto, John
Widiastuti, Nur
Subject
Manajemen Rumah Sakit
Datestamp
2019-08-14 06:50:49
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui dan menganalisis Indeks Kepuasanan Masyarakat terhadap pelayanan publik yang diberikan oleh UPT Puskesmas Padas, 2) menganalisis dan mengidentifikasi upaya yang telah dilakukan oleh UPT Puskesmas Padas dalam rangka meningkatkan kualitas layanan yang diberikan kepada Masyarakat khususnya pengunjung di UPT Puskesmas Padas.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Informan penelitian terdiri dari Kasubag Tata Usaha, pengelola data dan informasi UPT Puskesmas Padas dan pengunjung dalam hal ini pasien di UPT Puskesmas Padas. Pengumpulan data menggunakan kuisioner.
Hasil penelitian menemukan bahwa 1) Indeks Kepuasan Masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan oleh UPT Puskesmas Padas sudah menunjukkan hasil yang baik yaitu dengan nilai 79,30. 2) UPT Puskesmas Padas telah melakuakan upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan terhadap Masyarakat antara lain: a) Meningkatkan kualitas sumber daya manusia dengan memberikan kesempatan kepada karyawan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi baik Diploma 3. Diploma 4, Strata 1 bahkan ada yang ke jenjang Pascasarjana (S2), b) meberikan kesempatan kepada karyawan untuk mengikuti seminar dan workshop di bidang profesi masing-masing, c) menambah fasilitas ruang tunggu seperti: mesin antrian, pendaftaran melalui SMS, d) penambahan sarana dan prasarana khususnya alat-alat medis di laboratorium, fisioterapy, UGD dan tempat pelayanan yang lain.
Kata kunci: Indeks, Kepuasan, Masyarakat, Pelayanan, Publik, Kualitas.