Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha
Author
Haryati, Siti
Halim, Abdul
Priyastiwi, Priyastiwi
Subject
Manajemen Pendidikan
Datestamp
2019-08-14 07:15:08
Abstract :
Tujuan penelitian peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial tentang kompetensi Keadaan Alam di Indonesia melalui model pembelajaran Discovery bagi siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Selopampang kabupaten Temanggung semester I Tahun Pelajaran 2018/2019. Model pembelajaran yang dilakukan guru masih ceramah dan monoton sehingga menyebabkan hasil belajar siswa masih rendah.
Prosedur penelitian menggunakan metode tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus yaitu terdiri dari 4 tahapan : 1) Perencanaan Tindakan, 2) Pelaksanaan Tindakan, 3) Pengamatan Tindakan (Hasil Belajar dan Proses Belajar), 4) Refleksi. Teknik pengumpulan data yaitu: Tes: bentuk tes tertulis, Non tes: Pengamatan.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar melalui model pembelajaran Discovery. Hasil belajar pada Kondisi Awal diperoleh 16 siswa (62% ) tuntas dan siswa yang belum tuntas terdapat 10 siswa ( 38% ) dengan nilai rata-rata kelas sebesar 68 yang termasuk kategori kurang dengan nilai tertinggi 87 dan nilai terendah 50. Pada siklus I diperoleh 21 siswa (81%) tuntas dengan nilai cukup 10 siswa (38,46%) dan 9 siswa (34,62%) dengan nilai baik dan 7 siswa (26,92%) belum tuntas dengan rata-rata 77 dan setelah diadakan siklus II mengalami peningkatan siswa yang mendapat nilai sangat baik 1 siswa (3,85%) dan siswa yang mendapat nilai baik 10 siswa (38,46%) dengan demikian 23 siswa (88%) tuntas dan 3 siswa (11,54%) dengan rata-rata 81. Dengan demikian terbukti bahwa model pembelajaran Discovery dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci : Peningkatan Hasil Belajar, Model Pembelajaran Discovery