DETAIL DOCUMENT
ANALISIS MOTIVASI PASIEN BERKUNJUNG KE PUSKESMAS NGAWI PURBA KABUPATEN NGAWI
Total View This Week0
Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha
Author
Hasibuan, Umi Salma
Suprihanto, John
Widiastuti, Nur
Subject
Manajemen Rumah Sakit 
Datestamp
2019-08-15 02:54:03 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor ? faktor yang menyebabkan rendahnya motivasi pasien berkunjung ke Puskesmas Ngawi Purba dan bagaimana upaya meningkatkan kunjungan. Penelitian ini bersifat analisis deskriptif kualitatif yang berfungsi untuk menggambarkan fenomena yang terjadi dengan pendekatan cross sectional karena penelitian ini di lakukan pada satu waktu tertentu. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien yang berkunjung ke Puskesmas Ngawi Purba Kecamatan Ngawi Kabupaten Ngawi pada bulan Januari Tahun 2019. Sedangkan sampel dalam penelitian ini menggunakan convenience sampling dengan responden sejumlah 20 orang. Berdasarkan kuesioner yang dibagikan kepada responden, didapatkan faktor ? faktor yang menyebabkan rendahnya motivasi pasien berkunjung ke Puskesmas Ngawi Purba terbagi menjadi 2. Faktor instrinsik diantaranya petugas puskesmas tidak menjelaskan tentang aturan atau cara minum obat dan tidak menjelasan secara rinci tentang penyakit yang dialami, serta harga obat di Puskesmas tidak terjangkau. Sedangkan faktor ekstrinsik diantaranya ketika berobat ke Puskesmas didampingi dan diantar oleh keluarga, sulitnya akses atau angkutan umum untuk menuju ke Puskesmas, tidak disarankan untuk menjaga kesehatan, harga pemeriksaan laboratorium tidak terjangkau serta tidak mengetahui adanya pemeriksaan gratis untuk jenis pemeriksaan laboratorium tertentu. Juga didapatkan usulan dari responden untuk meningkatkan motivasi pasien berkunjung yaitu biaya pengobatan dan laboratorium gratis, mendapatkan terapi berupa suntikan dan obat, serta adanya upaya lain apabila tidak mengalami perubahan setelah berobat. Upaya meningkatkan motivasi pasien berkunjung ke Puskesmas Ngawi Purba adalah petugas mengusahakan untuk menjelaskan aturan minum obat, menjelaskan secara rinci tentang penyakit yang diderita pasien, membiasakan menghimbau kepada pasien untuk kontrol ke Puskesmas, mengupayakan harga obat dan biaya laboratorium di Puskesmas murah dan terjangkau, petugas kesehatan meningkatkan penyuluhan kepada pasien untuk menjaga kesehatannya, perlu adanya penyuluhan atau penjelasan kepada pasien untuk jenis pemeriksaan laboratorium yang gratis dan diupayakan kerjasama lintas sektor untuk angkutan umum ke puskesmas yang lebih mudah. Kata Kunci : Motivasi, Pasien berkunjung, Puskesmas 
Institution Info

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha