DETAIL DOCUMENT
PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPOSISI PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI MODEL INVESTIGASI KELOMPOK PADA SISWA KELAS X MIPA 6 SMA NEGERI 1 TEMANGGUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Total View This Week0
Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha
Author
Suprapti, Yuyun Astuti
Putro, Khamim Zarkasih
Hamid, Mudasetia
Subject
Manajemen Pendidikan 
Datestamp
2019-08-15 03:43:17 
Abstract :
Pembelajaran menulis teks eksposisi di SMA yang mengimplementasikan kurikulum 2013 masih memiliki banyak kendala diantaranya adalah masih sulitnya siswa dalam mencari ide untuk dikembangkan menjadi tulisan yang utuh, kurangnya pengetahuan siswa tentang teks eksposisi, minimnya penguasaan kosakata siswa, dan kurangnya ketertarikan siswa dalam pembelajaran menulis teks eksposisi. Hal tersebut terjadi karena guru masih menggunakan strategi pembelajaran konvensional. Penggunaan strategi pembelajaran yang memperhatikan keaktifan siswa akan meningkatkan kualitas dan menambah pengalaman siswa dalam penyampaian informasi kepada orang lain dengan baik secara tertulis. Berdasarkan latar belakang tersebut, masalah penelitian ini adalah kemampuan keterampilan menulis teks eksposisi pada siswa kelas X MIPA 6 SMA Negeri 1 Temangung masih rendah maka perlu ditingkatkan. Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui penggunaan model investigasi kelompok dapat meningkatkan keterampilan menulis teks eksposisi pada siswa kelas X MIPA 6 SMA Negeri 1 Temanggung. Penelitian ini berjenis penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik deskriptif kualitatif yang dilaksanakan di kelas X MIPA 6 SMA Negeri 1 Temanggung. Pengambilan data penelitian menggunakan prosedur perencanaan,tindakan,pengamatan, dan refleksi. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa keterampilan menulis teks eksposisi pada siswa kelas X MIPA 6 SMA Negeri 1 Temanggung mengalami peningkatan setelah dilakukan pembelajaran menulis teks eksposisi dengan model investigasi kelompok. Hasil tes menulis teks eksposisi pada siklus I menunjukkan nilai rata-rata 76,12 dan pada siklus II menunjukkan nilai rata-rata 82,18. Dari hasil tersebut dapat diketahui peningkatan keterampilan siswa dalam menulis teks eksposisi dari siklus I ke siklus II sebesar 6,06 poin atau 7,96% . Selain peningkatan keterampilan, perilaku siswa kelas X MIPA 6 SMA Negeri 1 Temanggung juga mengalami perubahan ke arah yang lebih positif setelah dilakukan pembelajaran menulis teks eksposisi dengan model investigasi kelompok. Kata Kunci: Peningkatan, Menulis Teks eksposisi, Model Investigasi Kelompok. 
Institution Info

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha