Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha
Author
Hidayanti, Evi
Wikaningtyas, Suci Utami
Subject
Manajemen Pemasaran
Datestamp
2019-09-05 07:01:29
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh merek, desain kemasan, dan harga terhadap minat beli konsumen (tugu chocolate) yogyakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen tugu chocolate dijalan TegalGendu No. 13 Kotagede, Yogyakarta. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini ada 100 responden. Peneliti menggunakan metode non probability sampling dengan menggunakan teknik accidental sampling yaitu teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan dengan cara memilih konsumen yang kebetulan ditemui di toko tugu chocolate. Pengumpulan data dari responden dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan regresi berganda. Hasil analisis data menunjukan nilai F hitung 64,986 lebih besar dari nilai F tabel 2,70 dan sign adalah 0.000 lebih kecil dari 0,05. Dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima artinya variable bebas merek, desain kemasan dan harga secara simultan berpengaruh terhadap variable terikat minat beli konsumen, dengan nilai R2 sebesar 0,670 atau sebesar 67%. Dari 3 variabel tersebut semua memiliki pengaruh terhadap minat beli konsumen dengan data merek memiliki nilai Beta 0,092 dan Sign 0,036 <0,05, desain kemasan memiliki nilai Beta 0,190 dan Sign 0,018 < 0,05 dan harga memiliki nilai Beta 0,831 dan Sign 0,000 < 0,05 yang mempunyai pengaruh terhadap minat beli konsumen. Kata Kunci : Merek, Desain Kemasan, Harga dan Minat Beli Konsumen