DETAIL DOCUMENT
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PT. ALHIJAZ INDOWISATA CABANG YOGYAKARTA
Total View This Week0
Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha
Author
Salamah, Fitriatus
Gusti, Yenni Kurnia
Subject
Manajemen Pemasaran 
Datestamp
2019-10-02 04:35:01 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT. Alhijaz Indowisata Cabang Yogyakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah para pelanggan yang menggunakan jasa perjalanan umrah pada PT. Alhijaz Indowisata Cabang Yogyakarta dan menggunakan 120 responden sebagai sampel dalam penelitian. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dalam bentuk kuesioner. Alat yang digunakan untuk menganalisis data penelitian ini adalah regresi linier berganda. Berdasarkan penelitian, hasil uji t diketahui variabel bukti fisik berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai signifikansi 0.002 = 0.05, variabel kehandalan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai signifikansi 0.022 = 0.05, variabel daya tanggap berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai signifikansi 0.047 = 0.05, variabel jaminan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai signifikansi 0.023 = 0.05, variabel empati berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai signifikansi 0.042 = 0.05 maka secara parsial variabel bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan empati berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Hasil uji F diketahui nilai signifikansi sebesar 0.000 = 0.05 maka dapat disimpulkan variabel bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan empati berpengaruh signifikan secara simultan terhadap kepuasan pelanggan. Hasil uji determinasi menunjukan nilai 0.523 yang artinya besar pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan sebesar 52,3%. 
Institution Info

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha