DETAIL DOCUMENT
PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 JLADRI KECAMATAN BUAYAN KABUPATEN KEBUMEN
Total View This Week0
Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha
Author
Pujiatun, Pujiatun
Suprihanto, John
Sutrischastini, Ary
Subject
Manajemen Pendidikan 
Datestamp
2019-10-28 07:02:41 
Abstract :
Dalam pembelajaran IPA siswa tidak terlibat aktif dalam proses pembelajaran, akibatnya siswa tidak memperoleh pengalaman belajar secara langsung dan akhirnya rata-rata hasil belajar siswa rendah. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi faktor-faktor apa yang menyebabkan hasil belajar siswa rendah, menganalisis mengapa faktor-faktor tersebut menyebabkan hasil belajar siswa rendah, mengevaluasi implementasi metode ceramah dalam proses pembelajaran, menerapkan pendekatan saintifik untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VI SD Negeri 1 Jladri, Kebumen. Penelitian ini dilakukan di kelas yang meliputi kegiatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari, perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik dan alat pengumpul data yang digunakan adalah tes, observasi, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data yang digunakan analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskkriptif komparatif. Berdasarkan hasil analisis ketuntasan terhadap hasil belajar IPA, pada siklus I siswa yang mencapai hasil tuntas 14 siswa atau 73,7% dan 5 siswa yang tidak tuntas atau 26,3%, dengan rata-rata perolehan hasil belajar 70. Pada Siklus II ketuntasan meningkat menjadi 18 siswa yang tuntas atau 94,7% dan 1 siswa yang tidak tuntas atau 5,3%, dengan perolehan rata-rata hasil belajar 87,9. Dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran dengan pendekatan saintifik dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VI di SD Negeri 1 Jladri, Kecamatan Buayan, Kabupaten Kebumen. Kata Kunci: Hasil Belajar, IPA, Pendekatan Saintifik 
Institution Info

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha