DETAIL DOCUMENT
PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBASIS ASESMEN AUTENTIK
Total View This Week0
Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha
Author
Safitri, Agustina
Purwanto, Wahyu
Hamid, Mudasetia
Subject
Manajemen Pendidikan 
Datestamp
2019-10-29 03:20:37 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan pendekatan kontekstual berbasis asesmen autentik dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa pada pelajaran matematika materi keliling dan luas bangun datar di kelas IV SD Negeri 2 Baledono. Penelitian ini dilaksanakan pada semester I tahun Pelajaran 2019/ 2020 dengan subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 2 Baledono. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan tiap siklusnya terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi tindakan, dan refleksi hasil tindakan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi menggunakan butir soal sebagai alat tes dan lembar observasi. Analisis data menggunakan pengamatan, diskusi, kajian dokumen, dan tes. Penelitian ini adalah penelitian deskriptik kualitatif, dengan pengumpulan data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari obeservasi selama kegiatan pelaksanaan tindakan, sedangkan data kualitatif diperoleh dari nilai hasil evaluasi pada kegiatan akhir tidakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Matematika dengan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa di kelas IV SD Negeri 2 Baledono. Pada siklus I siswa yang tuntas dalam prestasi belajar 61,29%, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 87,1 %. Kata kunci : keaktifan Siswa ? Prestasi Belajar Siswa -Pendekatan kontekstual. 
Institution Info

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha