Abstract :
Perkembangan teknologi, salah satunya adalah Internet, bagaimana
komunikasi antar entitas bisnis semakin cepat mengakibatkan persaingan
semakin ketat. Perusahaan harus mengadopsi CRM sebagai sarana untuk
tetap dekat dan tidak kehilangan kontak dengan pelanggan baru, pelanggan
lama, dan atau calon pelanggan. CRM atau Customer Relationship
Management adalah metode yang digunakan perusahaan untuk mengelola
hubungan perusahaan dengan pelanggan, termasuk didalamnya prosesproses
rekam data dan pengelolaan data pelanggan, vendor, supplier,
partner dan proses internal lainnya yang berkaitan.
Aplikasi CRM (Customer Relationship Management) ini dikembangkan
untuk customer service online pada perusahaan, dengan judul
“Pengembangan Costomer Service Online Berbasis Web Sebagai Bagian Dari
Implementasi Costomer Relationship Management (CRM) Di PT.ESARAYA
Temanggungâ€. Sistem ini berfungsi sebagai sarana untuk menjembatani
antara front-online dengan pelanggan. Informasi apapun yang didapat dari
pelanggan, akan direkam untuk penggunaan masa mendatang.
implementasi CRM (Customer Relationship Management) yang
mencakup pengelolaan data-data pelanggan dan catatan atau history
komunikasi dengan pelanggan, dalam hal ini adalah melalui chating.
Pembuatan aplikasi dikembangkan berbasis web dengan bahasa
pemrograman PHP dan database MySQL.
Dengan adanya sistem ini, dapat memberikan kemudahan bagi
perusahaan, khususnya yang telah menggunakan internet dalam
pengelolaan bisnisnya, sehingga dalam berinteraksi dengan pelanggan dapat diperoleh Pelayanan yang baik kepada pelanggan karena layanan komunikasi langsung secara online melalui website.
Kata kunci : Customer Relationship Management, MySQL, PHP, Web