DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN CUSTOMER SERVICE ONLINE BERBASIS WEB SEBAGAI BAGIAN DARI IMPLEMENTASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMEN (CRM)
Total View This Week0
Institusion
STMIK Akakom
Author
Novitasari, Santi - 015410140
Subject
Program Aplikasi 
Datestamp
2016-06-30 06:02:44 
Abstract :
Perkembangan teknologi, salah satunya adalah Internet, bagaimana komunikasi antar entitas bisnis semakin cepat mengakibatkan persaingan semakin ketat. Perusahaan harus mengadopsi CRM sebagai sarana untuk tetap dekat dan tidak kehilangan kontak dengan pelanggan baru, pelanggan lama, dan atau calon pelanggan. CRM atau Customer Relationship Management adalah metode yang digunakan perusahaan untuk mengelola hubungan perusahaan dengan pelanggan, termasuk didalamnya prosesproses rekam data dan pengelolaan data pelanggan, vendor, supplier, partner dan proses internal lainnya yang berkaitan. Aplikasi CRM (Customer Relationship Management) ini dikembangkan untuk customer service online pada perusahaan, dengan judul “Pengembangan Costomer Service Online Berbasis Web Sebagai Bagian Dari Implementasi Costomer Relationship Management (CRM) Di PT.ESARAYA Temanggung”. Sistem ini berfungsi sebagai sarana untuk menjembatani antara front-online dengan pelanggan. Informasi apapun yang didapat dari pelanggan, akan direkam untuk penggunaan masa mendatang. implementasi CRM (Customer Relationship Management) yang mencakup pengelolaan data-data pelanggan dan catatan atau history komunikasi dengan pelanggan, dalam hal ini adalah melalui chating. Pembuatan aplikasi dikembangkan berbasis web dengan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL. Dengan adanya sistem ini, dapat memberikan kemudahan bagi perusahaan, khususnya yang telah menggunakan internet dalam pengelolaan bisnisnya, sehingga dalam berinteraksi dengan pelanggan dapat diperoleh Pelayanan yang baik kepada pelanggan karena layanan komunikasi langsung secara online melalui website. Kata kunci : Customer Relationship Management, MySQL, PHP, Web 
Institution Info

STMIK Akakom