DETAIL DOCUMENT
RANCANG BANGUN VENDING MACHINE BERBASIS IO
Total View This Week6
Institusion
STMIK Akakom
Author
Saputra, Yulius Edo
Subject
Bahasa Pemrograman 
Datestamp
2021-09-24 02:46:05 
Abstract :
Pembuatan proyek akhir ini dimaksudkan untuk membuat Vending Machine yang memanfaatkan koneksi internet pada penjualan dan monitoring. Pada penjualan menggunakan aplikasi blynk untuk memilih produk yang dijual dan pada monitoring menggunakan aplikasi telegram untuk mengirimkan pesan ketika produk habis dan untuk mengecek ketersediaan stok. Pembuatan Vending Machine bertujuan untuk memudahkan pengelola dalam melakukan monitoring sedangkan dari sisi konsumen dapat memilih produk melalui smart phone. Vending Machine ini menggunakan beberapa perangkat untuk proses transaksi antara aplikasi dan vending machine. NodeMCU digunakan sebagai modul wifi. IR Obstacle Avoidance Sensor digunakan untuk mendeteksi ketersediaan produk. Motor servo digunakan sebagai penggerak yang akan menjatuhkan produk yang dipilih. LCD I2C digunakan sebagai display proses transaksi. Kerangka Vending Machine akan dibuat dengan menggunakan bahan kayu mdf dengan ukuran Panjang 30cm , lebar 20cm , dan tinggi 20cm. Hasil dari pengujian yang telah dilakukan adalah pembeli dapat memilih produk yang diinginkan melalui smart phone. Vending Machine dapat mengirim pesan ketika terdapat produk yang habis dan pemilik Vending Machine dapat memonitoring ketersediaan stok. Kata Kunci : Node MCU , IR Obstacle Avoidance Sensor , Blynk , Telegram 
Institution Info

STMIK Akakom