Abstract :
Promosi yang efektif dapat meningkatkan angka penjualan. Untuk menentukan dan
mengembangkan promosi agar lebih terarah dan tepat sasaran, kafe perlu mengidentifikasi
pasar sasaran dan motif membeli. Salah satu cara untuk mengenai kondisi pasar adalah
mengetahui selera beli konsumen, yang dapat diamati melalui data-data transaksi
pembelian. Algoritma apriori dapat dimanfaatkan dalam proses penjualan, dengan
memberikan hubungan antar data penjualan, dalam hal ini adalah makanan atau minuman
yang dipesan sehingga akan didapat pola pembelian konsumen. Pihak kafe dapat
memanfaatkan informasi tersebut untuk mengambil tindakan bisnis yang sesuai, dalam hal
ini informasi dapat menjadi bahan pertimbangan untuk menentukan strategi penjualan
selanjutnya.
Dengan menggunakan data mining yaitu market basket analysis dan algoritma
apriori, dihasilkan aturan asosiasi yang menunjukan pola beli konsumen dan seberapa kuat
suatu item mempengaruhi item lain.
Dari hasil Analisa dan pengujian telah dilakukan uji coba system sebanyak tiga kali
menggunakan data transaksi kafe Sittichai Thailand Food & Mangos Cafe selama periode
tahun 2019-2020 dengan merubah parameter minimum support dan minimum confidence
maka dapat disimpulkan kombinasi menu item yang dapat di buat untuk proses
pengembangan promosi menjadi menu paket yaitu mango sticky rice dan mango
smoothies.