DETAIL DOCUMENT
PENERAPAN ALGORITMA APRIORI UNTUK MENCARI POLA PENJUALAN DI CAFE (STUDI KASUS : SITTICHAI THAILAND FOOD & MANGOS CAFE)
Total View This Week5
Institusion
STMIK Akakom
Author
Tofan, Deny - 165610035
Subject
Algoritma 
Datestamp
2021-11-22 03:40:27 
Abstract :
Promosi yang efektif dapat meningkatkan angka penjualan. Untuk menentukan dan mengembangkan promosi agar lebih terarah dan tepat sasaran, kafe perlu mengidentifikasi pasar sasaran dan motif membeli. Salah satu cara untuk mengenai kondisi pasar adalah mengetahui selera beli konsumen, yang dapat diamati melalui data-data transaksi pembelian. Algoritma apriori dapat dimanfaatkan dalam proses penjualan, dengan memberikan hubungan antar data penjualan, dalam hal ini adalah makanan atau minuman yang dipesan sehingga akan didapat pola pembelian konsumen. Pihak kafe dapat memanfaatkan informasi tersebut untuk mengambil tindakan bisnis yang sesuai, dalam hal ini informasi dapat menjadi bahan pertimbangan untuk menentukan strategi penjualan selanjutnya. Dengan menggunakan data mining yaitu market basket analysis dan algoritma apriori, dihasilkan aturan asosiasi yang menunjukan pola beli konsumen dan seberapa kuat suatu item mempengaruhi item lain. Dari hasil Analisa dan pengujian telah dilakukan uji coba system sebanyak tiga kali menggunakan data transaksi kafe Sittichai Thailand Food & Mangos Cafe selama periode tahun 2019-2020 dengan merubah parameter minimum support dan minimum confidence maka dapat disimpulkan kombinasi menu item yang dapat di buat untuk proses pengembangan promosi menjadi menu paket yaitu mango sticky rice dan mango smoothies. 
Institution Info

STMIK Akakom