DETAIL DOCUMENT
ANALISIS SENTIMEN PADA AKUN TWITTER BNI CUSTOMER CARE MENGGUNAKAN METODE NAÏVE BAYES CLASSIFIER (NBC)
Total View This Week12
Institusion
STMIK Akakom
Author
- 165410042, Awaluddin
Subject
Analisis Sistem 
Datestamp
2021-11-24 02:25:46 
Abstract :
BNI sebagai salah satu Bank BUMN mempunyai akun twitter yaitu BNICustomerCare yang khusus melayani keluhan, memberikan solusi kepada nasabah dan memberikan informasi terkait dengan pelayanan Bank Negara Indonesia (BNI). Sehingga pada akun twitter BNI terdapat banyak komentar atau masukan terkait pelayanan BNI yang dapat di analysis setimen, apakah sentimen pelayanan yang diberikan BNI terhadap nasabahnya bernilai positif, netral atau negatif. Karena banyaknya keluhan atau komentar yang ada twitter Bank BNI yang tidak dapat di klasifikasi sentimen-nya satu persatu secara manual dikarenakan akan memakan waktu yang sangat lama, maka dapat dibuat sebuah sistem yang mampu menganalisis dan mengklasifikasi sebuah kalimat keluhan nasabah secara otomatis menggunakan teknologi ML (Mechine Learning). Ada beberapa metode yang biasa digunakan dalam ML untuk mengklasfikasi sebuah kalimat atau teks salah satunya adalah Naive Bayes Classifier (NBC). Metode ini membantu untuk mengukur akurasi test dari klasifikasi sentimen yang sudah ditentukan sebelumnya pada sistem ML yang di buat berbasis web. Pada sistem yang dibuat ini tidak hanya menentukan senitmen dari setiap keluhan nasabah, tetapi juga memberikan info grafik Word Cloud atau kata-kata yang sering di keluhkan oleh nasabah pada akun twitter BNI. Kata kunci : Analisis Sentimen. Naive Bayes Classifier. Python Language Programming. 
Institution Info

STMIK Akakom