DETAIL DOCUMENT
IMPLEMENTASI VUFORIA PADA APLIKASI AUGMENTED-REALITY PEMBELAJARAN SISTEM TATA SURYA
Total View This Week14
Institusion
STMIK Akakom
Author
Putra, Laurentius Rezaldi Pradana - 175410043
Subject
Analisis Sistem 
Datestamp
2021-11-24 02:46:00 
Abstract :
Augmented reality (AR) adalah jenis teknologi interaktif menggabungkan benda nyata dan virtual yang akan menghasilkan objek 3D yang akan ditampilkan pada layar. Augmented reality yang telah diaplikasikan memiliki cara kerja berdasarkan deteksi citra atau gambar dan biasa disebut marker, dengan menggunakan kamera smartphone kemudian mendeteksi marker yang telah di dicetak. Augmented reality banyak digunakan di berbagai bidang, salah satunya bidang pendidikan. Pada bidang pendidikan augmented reality digunakan sebagai media pembelajaran agar lebih menarik. Teknologi augmented reality ini dapat diterapkan dalam media pembelajaran tata surya. Penggunaan teknologi augmented reality diharapkan bisa menampilkan objek berupa objek planet secara virtual 3D dengan menggunakan gambar yang dijadikan marker. Marker yang dideteksi oleh kamera pada smartphone android akan menampilkan objek 3D, sehingga pengguna aplikasi dapat mengamati bagaimana bentuk dan karakteristik planet secara secara realtime. Pembuatan aplikasi ini dibangun menggunakan software Unity 3D. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkan telah layak dan memenuhi syarat untuk digunakan sebagai media pembelajaran Tata Surya. Hal tersebut dapat dilihat dari persentase skor validasi rata-rata ahli media yaitu 84,99%. Keterbatasan yang ditemui dilapangan adalah pencahayaan ruangan yang kurang sehingga menyebabkan marker sulit untuk dideteksi, oleh karena itu peneliti menyarankan agar pengguna menambahkan pencahayaan seperti lampu agar pengguna dapat mendapatkan pengalaman pengunaan aplikasi secara maksimal. Kata Kunci: Augmented reality, Media Pembelajaran, Tata Surya , Unity 3D. 
Institution Info

STMIK Akakom