Abstract :
Augmented reality (AR) adalah jenis teknologi interaktif menggabungkan
benda nyata dan virtual yang akan menghasilkan objek 3D yang akan ditampilkan
pada layar. Augmented reality yang telah diaplikasikan memiliki cara kerja
berdasarkan deteksi citra atau gambar dan biasa disebut marker, dengan
menggunakan kamera smartphone kemudian mendeteksi marker yang telah di
dicetak. Augmented reality banyak digunakan di berbagai bidang, salah satunya
bidang pendidikan.
Pada bidang pendidikan augmented reality digunakan sebagai media
pembelajaran agar lebih menarik. Teknologi augmented reality ini dapat diterapkan
dalam media pembelajaran tata surya. Penggunaan teknologi augmented reality
diharapkan bisa menampilkan objek berupa objek planet secara virtual 3D dengan
menggunakan gambar yang dijadikan marker. Marker yang dideteksi oleh kamera
pada smartphone android akan menampilkan objek 3D, sehingga pengguna aplikasi
dapat mengamati bagaimana bentuk dan karakteristik planet secara secara realtime.
Pembuatan aplikasi ini dibangun menggunakan software Unity 3D.
Teknik pengumpulan data dengan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa media yang dikembangkan telah layak dan memenuhi syarat untuk
digunakan sebagai media pembelajaran Tata Surya. Hal tersebut dapat dilihat dari
persentase skor validasi rata-rata ahli media yaitu 84,99%. Keterbatasan yang
ditemui dilapangan adalah pencahayaan ruangan yang kurang sehingga
menyebabkan marker sulit untuk dideteksi, oleh karena itu peneliti menyarankan
agar pengguna menambahkan pencahayaan seperti lampu agar pengguna dapat
mendapatkan pengalaman pengunaan aplikasi secara maksimal.
Kata Kunci: Augmented reality, Media Pembelajaran, Tata Surya , Unity 3D.