DETAIL DOCUMENT
ANALISIS SENTIMEN TERHADAP TAYANGAN TELEVISI BERDASARKAN OPINI MASYARAKAT PADA MEDIA SOSIAL TWITTER MENGGUNAKAN METODE K-NEAREST NEIGHBOR
Total View This Week17
Institusion
STMIK Akakom
Author
Rahmadhani, Tiara - 175410150
Subject
Algoritma 
Datestamp
2021-11-26 03:18:38 
Abstract :
Twitter merupakan layanan jejaring sosial yang digunakan masyarakat sebagai media komunikasi dan informasi. Informasi yang terdapat pada twitter berupa pertanyaan, opini atau komentar, baik yang bersifat positif, negatif, maupun netral. Sentimen masyarakat dapat dijadikan sebagai salah satu indikator untuk menentukan program televisi mana yang lebih baik dari sisi opini masyarakat. Oleh karena itu, peneliti mencoba menganalisa tweet yang berupa opini masyarakat terhadap kualitas dari beberapa stasiun televisi. Penelitian ini menggunakan metode K-nearest neighbor dengan 3 tahapan proses yaitu pre-processing yang terdiri dari cleansing, case folding, tokenizing, stopword removal, dan stemming. Tahap kedua yaitu perhitungan bobot pada setiap kata menggunakan metode TF-IDF. Tahap terakhir adalah klasifikasi sentimen yang menghasilkan 3 kategori yaitu sentimen positif, negatif, dan netral. Data yang digunakan berupa opini masyarakat terhadap 4 stasiun televisi yaitu Net TV, RCTI, SCTV, dan Trans TV dengan jumlah 2206 data tweet yang dibagi menjadi 70% data latih dan 30% data uji, dan diperoleh dari hasil scrapping menggunakan tweepy. Hasil yang diperoleh dari pengujian analisis sentimen dengan metode K-nearest neighbor menghasilkan akurasi terbesar yaitu 72.56% dengan nilai k=3. Sedangkan nilai presisi tertinggi sebesar 66% saat k=3 dan recall terbesar 63% ketika k=3. Dari hasil analisis sentimen dari setiap stasiun televisi didapat respon positif sebesar 69.47 % untuk stasiun televisi Net Tv, 72.63% untuk RCTI, 60.53% untuk SCTV, dan 74.32% untuk Trans Tv. Kata kunci : analisisis sentiment,twitter, tf-idf, k-nearest neighbor. 
Institution Info

STMIK Akakom