Abstract :
ABSTRAK
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan modul Student Planner
dengan menggunakan metode pengembangan Borg dan Gall. Dalam penelitian
ini, peneliti mengembangkan modul untuk meningkatkan karakter bertanggung
jawab pada siswa dalam bentuk pembiasaan penyusunan perencanaan. Adapun
tujuan pengembangan tersebut adalah untuk mengetahui apakah modul Student
Planner yang dikembangkan efektif dalam proses pemberian layanan Bimbingan
dan Konseling. Berdasarkan validasi oleh tim validator terhadap produk yang
dihasilkan menunjukan bahwa, dari ahli materi terhadap modul StudentPlanner
terdapat skor aktual 52 dan berada pada rentang skor 47,59 ˂ X ≤ 58,79 dengan
kategori baik, dari ahli media terhadap modul Student Planner terdapat skor aktual
21 dan berada pada rentang skor 20,4 ˂ X ≤ 25,2 dengan kategori baik.
Setelah produk tersebut divalidasi, kemudian diuji cobakan pada subyek
penelitian yaitu siswa kelas XI SMK Bajang NW Ajan yang terdiri dari 23 siswa.
Adapun data hasil uji coba antara lain : hasil angket respon siswa terhadap modul
dengan jumlah responden sebanyak 87,82% memilih “Ya†dan jumlah responden
sebanyak 12,17% yang memilih “Tidak†maka modul dinyatakan layak untuk
digunakan. Dan dari hasil pemberian layanan bimbingan klasikal untuk
mengetahui ketercapain isi produk dengan rata-rata 20,47 dengan rentang skor
21,77 ˃ X ≥ 20,47 dengan kategori baik. Sehingga dapat disimpulkan, bahwa
dalam penelitian ini pengembangan modul Student Planner dikatakan valid dan
layak untuk digunakan.
Kata Kunci : Pengembangan modul Student Planner untuk membentuk karakter
bertanggung jawab siswa.