Abstract :
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kegunaan permainan membaca crazy
professor untuk meningkatkan pemahaman membaca siswa dalam mengajar membaca untuk
siswa kelas delapan di sekolah menengah pertama pada tahun ajaran 2018-2019. Tujuan
penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui apakah ada pengaruh permainan membaca crazy
professor dalam peningkatan pemahaman membaca pada siswa kelas delapan di sekolah
menengah pertama pada tahun ajaran 2018-2019. 2) untuk mengetahui sejauh mana pengaruh
dari permainan membaca crazy professor dalam meningkatkan pemahaman membaca pada siswa
kelas delapan di sekolah menengah pertama pada tahun ajaran 2018-2019. Penelitian ini adalah
penelitian pre-experimental. Populasi penelitian berjumlah 39 siswa dan sampel berjumlah 20
siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes prestasi (teks deskriptif). Hasil
dari skor rata-rata dari pre-test adalah (8.35) dan skor rata-rata dari post-test adalah (15.05).
Hasil score rata-rata disimpulkan dengan menganalisa data menggunakan pengambilan sampel
secara acak. Peneliti menemukan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara skor rata-rata
sebelum dan setelah siswa di berikan treatment,t(df =19) = -15.691 at p=0.000.
Kata kunci : permainan membaca crazy professor, meningkatkan kemampuan pemahaman
membaca, mengaj