Abstract :
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan masalah siswa dalam menggunakan
bahasa Inggris untuk kegiatan berkomunikasi. Peneliti menggunakan metode deskriptif
kualitatif dalam penelitian. Penelitian ini telah dilaksanakan di MA Abul Barokat kelas dua
sebanyak lima belas siswa yang menjadi peserta. Data dikumpulkan setelah mewawancarai
dan mengobservasi peserta mengenai masalah mereka dalam bahasa Inggris. Jawaban peserta
dari hasil perekaman suarat telah dianalisis untuk mendapatkan solusi terhadap masalah
mereka dalam menggunakan bahasa Inggris. Hasil menunjukkan bahwa masalah yang
dihadapi siswa adalah: (1) factor dari siswa seperti ragu, diam dan menggunakan dialek
sendiri (2) factor psikologi seperti malu, takut membuat masalah dan kurang percaya diri (3)
factor lainnya seperti struktur bahasa dan kesalahan dalam mengucapkan. Walaupun mereka
melakukan banyak kesalahan tetapi mereka punya keinginan besar untuk sekolah keluar
negeri, jadi mereka belajar bahasa inggris dengan rajin untuk mendapatkan ilmu yang
bermanfaat.
Kata kunci: masalah siswa, keterampilan berbicara