Abstract :
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi penyebab rendahnya
motivasi siswa dalam menggunakan bahasa inggris untuk kegiatan
berkomunikasi sehari-hari dan solusi dari masalah tersebut. Peneliti
menggunakan metode deskriptif kualitatif dalam pembelajaran. Penelitian
ini telah dilaksanakan di SMP Islam Abul Barakat di kelas delapan. Dalam
penelitian ini, ada lima siswa yang menjadi peserta. Data telah dikumpulkan
dengn mengobservasi, mewawancara dan memberikan daftar
pertanyaan/angket kepada peserta tentang penggunaan bahasa inggris di
pondok pesantren mereka dan mengobservasi aktivitas siswa. Jawaban
peserta dan video aktivitas berkomunikasi siswa telah dianalisis untuk
mendapatkan penyebab rendahnya motivasi siswa dalam menggunakan
bahasa Inggris untuk kegiatan berkomunikasi sehari-hari dan solusi dari
masalah tersebut. Hasil analisis menunjukkan penyebab rendahnya motivasi
siswa dalam menggunakan bahasa inggris adalah rendahnya kemampuan
menggunakan bahasa inggris terutama penguasaan kosakata dan
pelafalannya serta mereka lebih suka menggunakan bahasa Arab karena
bahasa Arab telah mengakar di lingkungan pondok pesantren tersebut.
Sementara solusi untuk masalah tersebut adalah guru harus menaruh
perhatian besar terhadap kemampuan berbahasa para siswa terutama
penguasaan kosa kata. Selain itu, membuat peraturan berbahasa yang tegas
yaitu membagi alokasi waktu untuk menggunakan bahasa Inggris dan
bahasa Arab secara bergiliran dan harus ada hukuman yang mendidik bagi
para siswa yang tidak mentaati peraturan tersubut.
Kata Kunci : Rendahnya Motivasi,Bahasa Inggris, Komunikasi