Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konseling dengan
pendekatan Humanistik dalam meningkatkan penyesuaian diri pada siswa kelas X
SMA NW Tebaban tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan satu
orang siswa yang memiliki tingkat motivasi belajar rendah yang diambil sebagai
sampel. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain
penelitian subjek tunggal dengan prosedur desain A-B. Teknik pengumpulan data
dalam penelitian ini mengunakan angket. Data yang diperoleh dari angket
kemudian dianalisis menggunakan rumus eksperimen subjek tunggal dengan
menghitung banyak sekor yang didapatkan pada fase baseline dan menghitung
banyak secor yang didapatkan pada fase intervensi kemudian dipadukan antara
kedua fase tersebut untuk mengetahui pengaruh sebelum dan sesudah diberikan
perlakuan (konseling Humanistik). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada fase
baseline mendapatkan sekor rat-rata 62,5 dan pada fase intervensi mendapatkan
secor rata-rata 70. Sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh
pemberian layanan konseling Humanistik dalam meningkatkan penyesuaian diri
pada siswa kelas X SMA NW Tebaban tahun pelajaran 2018/2019.
Kata kunci : Pendekatan Konseling Humanistik dan Penyesuaian diri siswa.