Abstract :
Ansyorul Hidayat. (2017). Pengembangan Media Pipa Bilangan Bulat Untuk
Meningkatkan Keterampilan Hitung Bilangan Bulat Pada Pembelajaran
Matematika Siswa Kelas IV SDN 4 Rumbuk Tahun Pembelajaran
2016/2017. Skripsi. Program Studi pendidikan Guru Sekolah Dasar,
Universitas Hamzanwadi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pipa bilangan
bulat pada mata pelajaran matematika kelas IV Sekolah Dasar. Jenis penelitian
yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan model Borg
& Gall. Dari 10 tahapan yang ada, yang digunakan hanya 5 tahap yaitu tahap pra
penelitian, analisis, desain (pembuatan prototype) & Produksi, validasi, uji coba
dan revisi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 4 Rumbuk sebanyak
18 orang siswa. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini meliputi lembar
validasi, angket dan tes hasil belajar siswa. Data yang diperoleh pada penelitian
ini berupa data kualitatif dan kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan
dalam penelitian ini adalah perhitungan menggunakan skala lima untuk analisis
hasil validasi media dan skala dua untuk analisis angket respon siswa. Hasil
validasi dari ke dua ahli yaitu ahli materi dan ahli media menunjukkan kualifikasi
baik dan sangat baik dengan jumlah nilai untuk ahli materi adalah 52 dengan ratarata
3,7 sedangkan nilai dari ahli media berjumlah 59 dengan rata-rata 4,2. Hasil
respon angket siswa pada coba lapangan memperoleh responden sebanyak
136 yang menjawab “ya†dengan persentase 94,4% dan sedangkan yang
menjawab “tidak†8 responden dengan persentase 5,6 Sehingga dapat disimpulkan
bahwa respon siswa pada media pipa bilangan adalah tinggi. Hasil analisis untuk
tes belajar siswa pada uji coba lapangan, akan diuraikan sebagai berikut: Dalam
uji coba lapangan, peneliti melibatkan lebih banyak siswa dibandingkan pada saat
uji coba terbatas, jumlah siswa adalah 18 orang. Dan berdasarkan lampiran 9
mengenai hasil belajar siswa pada uji coba lapangan. Jumlah siswa yang tuntas
adalah 15 orang dari 18 orang siswa, dengan nilai tertinggi adalah 100 dan nilai
terendah 30, dengan jumlah rata-rata 76,6 sedangkan ketuntasan klasikalnya
83,3% dan KKM 65. Dengan demikian dapat disimpulkan media pipa bilangan
bulat efektif digunakan dalam pembelajaran matematika.
Kata Kunci: Pengembangan, Media, Pipa Bilangan Bulat