Abstract :
ARDI ANDIKA WADI, 13100075. 2017. “pengaruh konseling Realita untuk
mengatasi kesulitan anak menerima keadaan keluarga broken home Pada Madrasah
Aliyah NW Tanak Maik Tahun ajaran 2017/2018â€.Skripsi, Program Studi
Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas
Hamzanwadi, Selong 2017/2018. Pembimbing 1: Dr. Ridwan M.Pd. dan
Pembimbing II: Hj. Dukha Yunitasari, M.Pd.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh
konseling realita untuk mengatasi kesulitan anak menerima keadaan keluarga broken
home Pada Madrasah Aliyah NW Tanak Maik Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis
penelitian ini adalah eksperimen dengan desain penelitian subyek tunggal
menggunakan desain (A-B). Dalam penelitian ini peneliti menggunakan satu orang
siswa yang bermasalah sebagai sampel yaitu yang diambil dengan teknik purposive.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini mengunakan angket. Analisis data
dilakukan padafase baseline (A)dan fase intervensi(B), danmenggunakan rumus
eksperimen subyek tunggal dengan menghitung banyaknya data poin (skor) dalam
setiap kondisi, banyaknya variabel terikat yang ingin diubah, tingkat stabilitas data
dan perubahan level data dalam satu kondisi atau antar kondisi. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa ada pengaruh pemberian layanan pendekatan konseling
Realitas untuk mengatasi kesulitan anak menerima keadaan keluarga broken home
Pada Madrasah Aliyah NW Tanak Maik.
Kata Kunci: konseling Realitas untuk mengatasi kesulitan anak menerima keadaan
keluarga broken home.