Abstract :
Dalam penelitian ini, peneliti meneliti keefektifan Komunikatif Tekhnik
untuk meningkatkan pengujaran mahasiswa dalam pengajaran berbicara pada
kelas sistem informasi Universitas Hamzanwadi Tahun Ajaran 2018-2019.
Penelitian ini menggunakan sebuah desain penelitian yang disebut preexperimental, objek dari penelitian ini adalah 30 mahasiswa kelas sistem
informasi. Hasil analisa data menunjukkan bahwa nilai rata-rata dari tes awal
adalah 33.33 dan tes akhir adalah 61.33. Hasil standar deviasi dari tes awal
sebesar 13.21 dan tes akhir sebesar 19.60. Dalam pengetesan hipotesa, peneliti
menggunakan Paired Sample T-test dan ditemukan nilai t (df=29) = 13.61 pada p<
.000, itu menunjukkan bahwa hipotesa nol ditolak dan hipotesa alternatif diterima.
Berdasarkan data di atas, bisa disimpulkan bahwa komunikatif tekhnik effektif
dalam meningkatkan pengujaran dalam pembelajaran berbicara.
Kata kunci: Komunikatif teknik, pengujaran, pengajaran berbicara