Abstract :
Irma Rosdian Maulida, 2017. “Pengaruh honseling behavior untuk mengatasi siswa
introvert dari keluarga broken home pada kelas XI.IPA I di SMAN 1 Wanasaba
Tahun Pelajaran 2017/2018â€. Skripsi, Program Studi Bimbingan dan Konseling
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Hamzanwadi
2017/2018. Pembimbing I: Dra. Marfu’atun, M.Pd dan Pembimbing II:
Musifuddin, M.Pd.
Kata Kunci: Konseling behavior, siswa introvert dari keluarga broken home.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konseling behavior untuk
mengatasi siswa introvert dari keluarga broken home pada kelas XI.IPA I di SMAN 1
Wanasaba Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen
dengan desain penelitian pre-eksperimental design. Dengan desain yang di pergunakan
adalah sampel pre-test-pos-test. Populasi penelitian ini adalah 36 siswa. Teknik
pengambilan sampel yang di gunakan purposive sampling dimana sampel adalah siswa
kelas XI.IPA 1 yang jumlahnya 3 orang. Dengan menggunakan metode instrument angket
berskala interval yang telah di uji cobakan dengan hasil uji coba instrumen angket yang
telah valid dan reliable. Sedangkan data dianalisis dengan menggunakan statistic t-test
untuk uji hipotesisnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan konseling behavior
efektif untuk mengatasi siswa introvert dari keluarga broken home, hal ini dapat dilihat dari
analisis t-test yang menunjukkan nilai thitung > ttabel (25,25 > 2,920), N = 3 dengan taraf
signifikansi 5%. Melalui penelitian ini, guru Bimbingan dan Konseling di harapkan dapat
memanfaatkan layanan konseling behavior untuk mengatasi siswa introvert dari keluarga
broken home.