Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan mendeskripsikan aneka
tindak tutur yang digunakan dalam percakapan guru dan siswa dalam
pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA N I Rindi, Kabupaten Sumba Timur dan
juga menjelaskan dan mendeskripsikan aneka maksud yang terandung dibalik
percakapan guru dan siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA N I
Rindi, Kabupaten Sumba Timur. Penelitian ini menggunakan metode penelitian
kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yang pertama, teknik
observasi, kedua wawancara, dan ketiga dokumentasi. Sedangkan teknik analisis
data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, kemudian dikategorisasikan dan
melakukan sentesiasi. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang telah
dilakukan maka hasil penelitian ini antara lain: guru dan siswa menggunakan
tindak tutur lokusi, ilokusi, dan perlokusi dalam pembelajaran di kelas XI SMA N
I Rindi, Kabupaten Sumba Timur dan maksud-maksud yang terkandung dibalik
tuturan guru dan siswa anatara lain adalah untuk: menyuruh, memotivasi,
mengklarifikasi, menguatkan, menghibur, dan menyimpulkan. Dengan demikian,
percakapan guru dan siswa di kelas XI SMA N I Rindi lebih didominasi tindak
tutur langsung dan tindak tutur tidak langsung dalam pembelajaran bahasa
Indonesia.
Kata kunci: Tindak tutur dalam percakapan guru dan siswa dalam pembelajaran
bahasa Indonesia