Abstract :
Masalah dalam penelitian ini adalah jenis “ gaya bahasa pada iklan Koran
Lombok Post “. Tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan jenis gaya
bahasa pada iklan Koran Lombok Post. Penelitian ini merupakan penelitian yang
menitiberatkan pada bahasa iklan yang terdapat dalam koran. Metode yang
digunakan adalah deskriptif kualitatif yang digunakan oleh peneliti ditindaklanjuti
dengan mengidentifikasi masalah dan melakukan studi pustaka. Dalam penelitian,
peneliti melakukan deskripsi data kemudian melakukan analisis data. Peneliti
menemukan sekaligus menentukan kata, frase, dan kalimat yang mengandung
jenis gaya bahasa yang dapat mewakili data. Berdasarkan hasil analisis data dan
pembahasan dari hasil penelitian yang dilakukan, peneliti menyimpulkan bahwa
terdapat tiga jenis gaya bahasa pada iklan Koran Lombok Post yang diteliti, yaitu
1) Gaya bahasa berdasarkan setruktur kalimat, 2) Gaya bahasa berdasarkan pilihan
kata, 3) Gaya bahasa berdasarkan nada.
Kata Kunci: gaya bahasa, iklan