Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Learning
Community dalam penguasaan kosakata dalam mengembangkan teks prosedur
kelas xi ma nw pepao tahun ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian
eksperimen dengan desain penelitian menggunakan pre-eksperimental design.
populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI semester ganjil MA NW
PEPAO Tahun Pelajaran 2019/2020 yang terdiri dari 22 orang. Teknik yang
digunakan untuk pengumpulan data adalah tes uraian. Setelah data terkumpul,
kemudian dilakukan analisis hasil pretes dan postes. Hasil tes pada pretest
mencapai rata-rata 58,18 atau berada pada kategori cukup. Kemudian pada saat
posttest rata-rata meningkat menjadi 82,27 dengan kategori baik. Peningkatan yang
terjadi dalam keterampilan menulis karangan narasi dari pretest ke –postest
menunjukkan peningkatan sebesar 24,09 atau sekitar 41,40%. Selain itu, data juga
dianalisis menggunakan uji-t dua pihak denga n metode sampel related varian.
Kemudian dari pengujian hipotesis dengan uji t didapat t hitung lebih besar dari pada
t tabel (5,746>2,018). Maka hipotesisnya berbunyi “Ha†diterima sedangkan “HOâ€
ditolak berarti “
Terdapat pengaruh yang signifikan pada Model Learning Community dalam
penguasaan kosakata dalam mengembangkan teks prosedur kelas xi ma nw pepao
tahun ajaran 2019/2020.
Kata kunci: Model Learning Community dalam penguasaan kosakata dalam
mengembangkan teks prosedur.