Abstract :
Penelitian ini memiliki dua tujuan. Pertama, untuk mengetahui ada atau tidak
adanya perbedaan keterampilan menulis puisi antara pembelajaran menulis puisi yang
menggunakan media lingkungan dengan pembelajaran menulis puisi yang tidak
menggunakan media lingkungan pada siswa kelas VIII MTs Ishlahul Ummah NW
Paok Rempek. Kedua, untuk mengetahui keefektifan penggunaan media lingkungan
dalam meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa kelas VIII MTs Ishlahul
Ummah NW Paok Rempek.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain pretest posttest
control group design. Penelitian ini mempunyai dua variabel yakni, variabel bebas
berupa penggunaan media lingkungan dalam pembelajaran menulis puisi dan variabel
terikat berupa keterampilan menulis puisi setelah mendapat perlakuan/penggunaan
media lingkungan. Populasi dalam penelitian ini merupakan seluruh siswa kelas VIII
MTs Ishlahul Ummah NW Paok Rempek yang terdiri dari 3 kelas, sedangkan sampel
dalam penelitian ini adalah kelas VIII. Teknik pengumpulan data menggunakan tes
menulis puisi. Validitas instrumen yang digunakan adalah validitas isi dengan expert
judgement. Teknik analisis data dalam penelitian ini diawali dengan uji normalitas dan
uji homogenitas varians, selanjutnya analisis data untuk menguji hipotesis
menggunakan uji-t.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang siginifikan
antara keterampilan menulis puisi siswa kelas VIII MTs Ishlahul Ummah NW Paok
Rempek yang menggunakan media lingkungan dengan siswa yang tanpa menggunakan
media lingkungan. Hal itu dibuktikan dari penghitungan uji-t pada skor posttest
kelompok kontrol dan eksperimen. Hasil penghitungan tersebut menunjukkan bahwa
diperoleh nilai t hitung 3,398 yang lebih besar dari t tabel 2,0105 dengan db 57
(thitung > ttabel = Signifikan) sehingga dinyatakan signifikan. Hasil penelitian ini juga
menunjukkan bahwa media lingkungan efektif digunakan dalam pembelajaran menulis
puisi pada siswa kelas VIII MTs Ishlahul Ummah NW Paok Rempek. Hal tersebut
terbukti dari hasil penghitungan uji-t pada skor pretest-posttest kelompok eksperimen.
Hasil penghitungan menunjukkan bahwa diperoleh nilai thitung 4,448 yang lebih besar
dari ttabel 2,0105 dengan db 57 (thitung > ttabel = Signifikan) sehingga dinyatakan
signifikan.
Kata kunci: Pengaruh, penggunaan media lingkungan, keterampilan menulis puisi.