Abstract :
M. ABDULLAH, 2017, meningkatkan motivasi belajar melalui
pendekatan analisi stransaksional di SMP Negeri 2 Masbagik Tahun Pelajaran
2017/2018. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling, Universitas
Hamzanwadi
Tujuan dari penelitian ini adalah: untuk mengetahui efektifitas pendekatan
analisis transaksional dalam meningkatkan motivasi belajar siswa SMP Negeri 2
Masbagik tahun pelajaran 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 163
siswa dan sampel berjumlah 61 siswa yang terdiri dari 32 siswa untuk kelas
eksperimen dan 29 siswa untuk kelas control kelas IX. Metode penelitian adalah
eksperimen pretest-posttest control group design dengan pengumpulan data yang
digunakan adalah angket pengukuran peningkatan motivasi belajar siswa yang
masing-masing terdiri dari 20 item dan 4 pilihan jawaban. Setelah dilakukan
pengumpulan data pree test didapatkan, jumlah skor yang dicapai oleh 29 siswa
untuk kelas kontrol 915 dengan skor rata-rata 31,55, dan untuk kelas eksperimen
jumlah skor yang dicapai oleh 32 siswa yaitu 969 dengan skor rata-rata 30,28,
setelah diberikan perlakuan berupa teknik pendekatan analisis transaksional
terjadi peningkatan yang cukupsignifikan hal ini dapat dilihat dari hasil post-test
pada kelas eksperimen yaitu menunjukan bahwa skor yang dicapai oleh 32 siswa
adalah 1655 dengan skor rata-rata 51,71, sedangkan hasil angket post test pada
kelas yang dijadikan kelas control menunjukan bahwaskor yang dicapai oleh 29
siswa adalah 1191 dengan skor rata-rata 41,06.
Dengan demikian dapat disimpulkanbahwa: pendekatan analisis
transaksional efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di SMP Negeri 2
Masbagik tahun pelajaran 2017/2018. Oleh sebab itu diharapkan kepada setiap
guru pembimbing kedepan hendaknya memberikan pendekatan analisis
transaksional dan dipadukan dengan layanan-layanan yang lain sehingga siswa
dapat meningkatkan motivasi belajarnya.
Kata Kunci: pendekatan analisis transaksional, motivasi belajar