Abstract :
M.Yunus, NPM 11100117 Skripsi Yang Berjudul “Pengaruh Bimbingan Konseling
Terhadap Pembentukkan Kepribadian Siswa Kelas X SMA AL Mukhtiariyah Mambenâ€
dibimbing oleh M. Deni Siregar, M.Pd
Kata kunci : bimbingan konseling, pembentukkan kepribadian siswa di SMA AL
Mukhtariyah Mamben
Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh kepribadian manusia merupakan
gabungan dari berbagai konsep diri orang. Jika dikaji lebih dalam sebenarnya proses ini sudah
berjalan dengan memberi pengalaman dan mewarnai perkembangan seseorang. jadi secara
umum, dapat dikatakan bahwa kepribadian suatu proses dinamis di dalam diri yang terus
menerus dilakukan terhadap sistem psikofisik (fisik dan mental), sehingga terbentuk pula
penyesuaian diri yang unik atau kas pada setiap orang pada setiap lingkungan.
Dalam pembahasan skripisi ini, yang menjadi rumusan masalah adalah (1) Bagaimanakah
persiapan pelaksanaan bimbingan konseling pada siswa di SMA AL Mukhtariyah Mamben? (2)
Bagaimanakah langkah-langkah pelaksanaan pembentukkan kepribadian siswa di SMA AL
Mukhtariyah Mamben? (3) Adakah pengaruh bimbingan konseling terhadap pembentukan
kepribadian siswa di SMA AL Mukhtariyah Mamben?
Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pelaksanaan
bimbingan konseling pada siswa di SMA AL Mukhtariyah Mamben. (2) Untuk mengetahui
langkah-langkah pembentukkan kepribadian siswa di SMA AL Mukhtariyah Mamben (3) Untuk
Mengetahui pengaruh bimbingan konseling terhadap pembentukan kepribadian siswa di SMA
AL Mukhtariyah Mamben
Skripsi ini bermanfaat bagi penulis untuk mengembangkan ilmu teoritis yang diterima di
bangku kuliah, dengan diterapkan di lokasi penelitian, sehingga peneliti dapat menganalisa, dan
mengumpulkan hasil data yang ada, sehingga mengetahui bimbingan konseling terhadap
kepribadian siswa di SMA AL Mukhtariyah Mamben. Bagi guru Bimbingan konseling hasil
penelitian ini dapat dijadikan pijakan atau masukan dalam rangka penyempurnaan bimbingan
konseling terhadap kepribadian siswa di SMA AL Mukhtariyah Mamben untuk tahun berikutnya
yang lebih baik. Bagi peneliti selanjutnya hasil penelitian ini bisa dijadikan pijakan atau acuan
untuk penelitian selanjutnya.
Dalam penelitian ini digunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Observasi sebagai tahapan melihat langsung proses pemberian bimbingan konseling terhadap
pembantukan kepribadian siswa. Sedangkan wawancara digunakan untuk menggali tentang data
tentang bimbingan konseling. dan dokumentasi digunakan untuk menggali data tentang sejarah
berdirinya SMA AL Mukhtariyah Mamben. Untuk analisa data pada skripsi ini menggunakan
analisa data kuantitatif.
Kesimpulan dari penelitian kuantitatif diatas menunjukkan adanya pengaruh signifikan
antara bimbingan konseling dengan pembentukkan kepribadian siswa mempunyai koefisien
korelasi product moment 0,993, dengan demikian nilai pada perhitungan lebih besar pada nilai
0,230. Jadi signifikan pembentukan kepribadian siswa ini sangat rendah dapat dilihat dari tabel
intepretasi “r†pada lampiran 7 halaman 117-119.