DETAIL DOCUMENT
PENGARUH KONSELING ANALISIS TRANSAKSIONAL DALAM MENGENTASKAN MASALAH SISWA YANG TERISOLIR KARENA EGOIS DI KELAS XI MA NURUL IMAN MONTONG BAIK TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Total View This Week0
Institusion
Universitas Hamzanwadi
Author
ZAINUL WATHONI, MUHAMAD
Subject
Kebijakan Pendidikan 
Datestamp
2020-12-17 08:07:27 
Abstract :
Muhamad Zainul Wathoni : Pengaruh Konseling Analisis Transaksional Dalam Mengentaskan Masalah Siswa yang Terisolir Karena Egois di Kelas XI MA Nurul Iman Montong Baik Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi, Program Studi Bimbingan dan Konseli. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Hamzanwadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konseling analisis transaksional dalam mengentaskan masalah siswa yang terisolir karena egois di kelas XI MA Nurul Iman Montong Baik tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain penelitian eksperimen Subyek Tunggal (Single Subject Design). Subjek penelitian ini adalah seorang siswa kelas XI IPA. Teknik pengumpulan data menggunakan angket siswa terisolir karena egois dan dianalis dengan menggunakan data kuantitatif berupa angka-angka yang diolah menggunakan statistik sederhana dan data kualitatif dideskripsikan dan diolah menggunakan analisis naratif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data kondisi awal siswa sebelum diberikan konseling individual yang diperoleh menggunakan angket terisolir Karena egois dengan total skor 55 yang termasuk pada kategori terisolir, karena berada pada rentang antara 50 s/d < 65. Berdasarkan katakteristik siswa yang terisolir karena egois, yaitu: (1) Subyek hanya mau berkelompok dengan teman yang lebih pintar saja. (2) Subyek tidak mau mengerjakan tugas secara berkelompok. (3) Subyek hanya mau menang sendiri dan selalu memaksakan kehendak agar pendapatnya diterima. (4) Subyek tidak mau menghargai teman yang sedang berbicara saat sedang berlangsungnya diskusi. (5) Subyek sering merasa iri melihat temannya yang berprestasi. (6) Subyek sering menyalahkan dan mengkritik teman. Pada fase intervensi setelah siswa diberikan treatment layanan konseling individual diperoleh total skor sebesar 42 yang termasuk pada kategori sedikit terisolir, karena berada pada rentang 35 s/d < 50. Sehingga kesimpulan dari penelitian ini adalah konseling individual dengan teknik Analisis Transaksional efektif untuk mengatasi masalah siswa yang terisolir karena egois di kelas XI IPA MA Nurul Iman Montong Baik. Kata Kunci: Teknik Analisis Transaksional, Terisolir, Egois 

File :
SKRIPSI.pdf
Institution Info

Universitas Hamzanwadi