Abstract :
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil kemampuan membaca
pemahaman siswa kelas VII yang masih rendah. Hal ini dibuktikan dengan
hasil belajar kemampuan membaca siswa yang masih banyak di bawah
Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Salah satu metode pembelajaran yang
diterapkan untuk mengatasi masalah tersebut adalah metode CIR. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan metode CIR dalam
meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa serta
mendeksripsikan peningkatannya. Jenis penelitian ini adalah Penelitian
Eksprimen dengan menggunakan teknik skimming dan scanning, melalui
teknik ini siswa tidak hanya diajarkan mengenal konsep membaca, namun
juga menekankan pengembangan kemampuan analisis siswa dalam membaca
dan memahami isi bacaan dengan efektif dan akurat.
Data hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata
hasil tes serta peningkatan jumlah siswa yang mencapai KKM. Nilai rata-rata
pada kelas kontrol adalah 67,41 dan nilai rata-rata pada kelas eksprimen
adalah 77,93 Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan
metode CIR dapat meningkatkan dan berpengaruh terhadap kemampuan
membaca pemahaman siswa.
Kata Kunci: creatif intigratif reading, membaca