Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan kebiasaan membaca
koran pada siswa kelas VIII MTs. Hizbul Wathan NW Semaya; (2)
mendeskripsikan kemampuan menulis teks berita pada siswa kelas VIII MTs.
Hizbul Wathan NW Semaya; (3) menguji korelasi antara kebiasaan membaca
koran dengan kemampuan menulis teks berita pada siswa kelas VIII MTs. Hizbul
Wathan NW Semaya.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatifdengan analisis statistik.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs. Hizbul Wathan NW
Semaya dengan jumlah 186 siswa. Sampel penelitian dipilih menggunakan teknik
simple random sampling untuk menentukan sampel. Sampel penelitian ini adalah
siswa kelas VIII MTs. Hizbul Wathan NW Semayadengan jumlah55 siswa.
Pengumpulan data menggunakan metode angket dan tes tulis. Uji
persyaratan analisis yang digunakan adalah uji normalitas dan linearitas. Teknik
analisis yang digunakan adalah korelasi Product Moment dengan komputer
program SPSS 16.
Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan: (1) kebiasaan membaca
koran siswa kelas siswa kelas VIII MTs. Hizbul Wathan NW Semaya dengan
jumlah sampel 55 siswa dapat diketahui bahwa sebanyak 32,73% (18 siswa)
berada pada kategori tinggi, 61,82% (34 siswa) berada pada kategori sedang, dan
5,45% (3 siswa) berada pada kategori rendah; (2) kemampuan menulis teks berita
siswa kelas siswa kelas VIII MTs. Hizbul Wathan NW Semaya dengan jumlah
sampel 302 siswa dapat diketahui bahwa sebanyak 10,91% (6 siswa) berada pada
kategori tinggi, 83,64 (46 siswa) berada pada kategori sedang, dan 5,45% (3
siswa) berada pada kategori rendah; (3) ada korelasi yang positif dan signifikan
antara kebiasaan membaca koran dengan kemampuan menulis teks berita siswa
kelas siswa kelas VIII MTs. Hizbul Wathan NW Semaya dengan rhitung 0,226 dan
rtabel (N=55) adalah 0,107 pada taraf signifikansi 5% dan koefisien determinasi
5,10%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa ada korelasi antara kebiasaan
membaca koran dengan kemampuan menulis teks berita.
Kata kunci: Kebiasaan Membaca, Kemampuan Menulis, Siswa MTs.