Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang
signifikan antara prestasi belajar siswa yang diajar menggunakan media audio
visual dengan prestasi belajar siswa yang diajar tanpa menggunakan media audio
visual dalam pembelajaran tari serta mengetahui keefektifan penggunaan media
audio visual dalam pembelajaran tari pemboyaq pada siswa kelas VIII di SMP
Negeri 2 Keruak Tahun Pelajaran 2016/2017.
Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian eksperimen
yang sesungguhnya dengan populasi siswa kelas VIII yang terdiri dari 5 kelas.
Yang menjadi s ampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII.A sebagai
kelompok eksperimen dengan jumlah siswa 27 orang yang terdiri dari 12 laki-laki
dan 15 perempuan dan kelas VIII.B sebagai kelompok kontrol dengan jumlah
siswa 26 orang terdiri dari 11 laki-laki dan 15 perempuan.
Teknik pengumpulan sampel dengan Sampel Random Sampling. Rancangan
penelitian menggunakan Post Test Only Control Design. Instrumen yang
digunakan ada 2 yaitu 1) Instrumen Pelaksanaan Pembelajaran berupa Silabus dan
RPP, 2) Instrumen pengumpulan data berupa tes. Tekhnik Analisa data
menggunakan Statistik Inferensial. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan
menggunakan statistik, dipereroleh angka yang menunjukkan bahwa t-hitung > ttabel atau (2,247) > nilai t tabel (2,0095). Ini berarti hipotesis yang diajukan pada
bab II dapat diterima, artinya bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran
berbasis audio visual terhadap tari pemboyaq pada siswa kelas VIII di SMP
Negeri 2 Keruak Tahun Pelajaran 2016/2017.
Kata Kunci: Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Terhadap Pembelajarn
Tari Pemboyaq