Abstract :
M.Rijalul Pahlawi, 2017, Pengaruh Konseling Gestalt Terhadap Kemampuan
Berkomunikasi Pada Siswa Kelas XI SMA Birrul Walidain NW Rensing Tahun
Pelajaran 2017/2018. Musifuddin, M.Pd, selaku pembimbing I dan Muhammad
Ripli, M.Pd.I, selaku pembimbing II.
Kata Kunci: Konseling Gestal dan Kemampuan Berkomunikasi
Konseling Gestalt merupakan pendekatan dalam konseling individu yang
menekankan kesadaran disini dan sekarang dan bagaimana tingkah laku dan pada
peran urusan yang tak selesai dari masa lampau yang menghambat kemampuan
individu untuk bisa berfungsi secara efektif. Kemampuan berkomunikasi yang baik
dan efektif sangat diperlukan oleh manusia agar dia dapat menjalani semua
aktivitasnya dengan lancar. Masalah yang ingin dipecahkan dalam penelitian ini
adalah Apakah Ada Pengaruh Konseling Gestalt Terhadap Kemampuan
Berkomunikasi Pada Siswa Kelas XI SMA Birrul Walidain NW Rensing Tahun
Pelajaran 2017/2018. Tujuan penelitian ini adalah â€Ingin Mengetahui Pengaruh
Konseling Gestalt Terhadap Kemampuan Berkomunikasi Pada Siswa Kelas XI
SMA Birrul Walidain NW Rensing Tahun Pelajaran 2017/2018â€. Metode penentuan
subyek penelitian menggunakan proportional random sampling. Adapun jumlah
sampel dalam penelitian yaitu sebanyak 11 orang sesuai dengan angket pre-test yang
telah diberikan. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu angket sebagai
metode pokok, observasi dan dokumentasi sebagai metode pelengkap. Teknik
analisis data yang digunakan yaitu dengan menggunakan rumus t-test. Hasil analisis
data dapat disimpulkan bahwa: â€Ada Pengaruh Konseling Gestalt Terhadap
Kemampuan Berkomunikasi Pada Siswa Kelas XI SMA Birrul Walidain NW
Rensing Tahun Pelajaran 2017/2018â€. Hal ini terbukti dari hasil t hitung yang lebih
besar dari t tabel (8,93 > 2,22), yang berarti hasil penelitian signifikan. Untuk itu
disarankan kepada 1) Kepala Sekolah, Hasil penelitian ini diharapkan dapat
bermanfaat dalam mengembangkan agar setiap guru memiliki prioritas dalam
meningkatkan keterampilan komunikasi siswa yang positif, 2) Guru, khususnya
bimbingan dan konseling mampu membantu didalam menumbuhkan kemampuan
berkomunikasi siswa., 3) Siswa, Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan
dalam mengembangkan keterampilan komunikasi, 4) Peneliti Lain, Hasil penelitian
ini diharapkan agar dapat mengadakan penelitian lebih lanjut terhadap aspek yang
belum lengkap.