Abstract :
(Sri Mukminiwati (2017) “Pengaruh Konseling Individu Dengan Pendekatan
Behavior untuk Mengatasi Kesulitan Diskalkulia Pada Siswa Kelas X Tata
Busana SMK NW Pancor Tahun Pelajaran 2017/2018â€. Skripsi Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Program Studi Bimbingan dan Konseling
Universitas Hamzanwadi. Musifudin, M.Pd. Pembimbing I dan Fitri Aulia,
M.Pd.I Pembimbing II.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengatasi kesulitan diskalkulia pada siswa
melalui konseling individu dengan pendekatan behavior pada siswa kelas X
Tata Busana di SMK NW Pancor. Desain penelitian ini adalah eksperimen
subjek tunggal/SSQD (singel subject qualitatif desain) dengan jenis desain A-B.
Sasaran penelitian menggunakan satu orang siswa kelas X Tata Busana SMK
NW Pancor yang mengalami kesulitan diskalkulia untuk menjadi sampel.
Metode pengumpulan data dengan observasi dan pemberian angket DCM. Dari
hasil uji coba instrumen sudah valid dan reliabel. Hasil penelitian menunjukkan
sebelum diberikan layanan konseling individu dengan pendekatan behvior
siswa dalam katagori rendah dengan sekor 72. Setelah memperoleh layanan
konseling individu dengan pendekatan behavior siswa meningkat menjadi
katagori tinggi dengan sekor 91. Berdasarkan dari hasil fase baseline dan fase
intervensi dapat disimpulkan bahwa pemberian layanan konseling individu
dengan pendekatan behavior dapat memberikan pengaruh terhadap kesulitan
diskalkulia pada siswa kelas X Tata Busana SMK NW Pancor.
Kata kunci: Kesulitan diskalkulia, konseling individu dengan pendekatan
behavior