Abstract :
INDAH YUL FITRIANI. (2018) Pengaruh konseling Behavioral Untuk
Meningkatkan Etika Siswa Terhadap Guru di SMPN 1 Keruak Tahun
Pelajaran 2017/2018. Skripsi, Program studi Bimbinmgan dan Konseling,
Universitas Hamzanwadi, Pembimbing I : Dra. Hj. Marfu’atun, M. Pd dan
Pembimbing II Hj. Dukha Yunitasari, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendekatan konseling behavioral untuk
meningkartakan etika siswa terhadap guru di SMPN 1 Keruak Tahun Pelajaran
2017/2018. Jenis Pennelitian ini menggunakan peneliitian eksperimen. Populasi
penelitin ini adalah seluruh siswa dari kelas VIII.1 Tahun Pelajaran 2017/2018.
Sampel penelitian ini ditentukan dengan cara intake class, dengan memakai kelas
VIII I sebagai kelas eksperimen. Desain penelirtian yang digunakan adalah one
group pretest-postest design. Teknik pengumpulan data menggunmakan
inmstrument observasi etika siswa terhadap guru. Data dianalisis menggunakan
uji t-dua pihak dengan metode polled varian. Hasil hipotesis menunjukkan bahwa
t hit > t tab yaitu (5,77 > 1,761) yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima, bahwa
dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pendekatan konseling behavioral untuk
meningkatkan etika siswa terhadap guru di SMPN 1 Keruak.