Abstract :
Indra Anggara : Pengaruh Konseling Realitas Terhadap Kemandirian Siswa
Kelas XI SMK Al-Mukhtary NW Bungtiang Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi,
Program Studi Bimbingan dan Konseli. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
Universitas Hamzanwadi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konseling realita
terhadap kemandirian siswa kelas XI SMK Al-Mukhtary NW Bungtiang tahun
pelajaran 2017/2018.
Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain penelitian eksperimen
Subyek Tunggal (Single Subject Design). Subjek penelitian ini adalah seorang siswa
kelas XI TKJ . Teknik pengumpulan data menggunakan angket kemandirian belajar
siswa dan dianalis dengan menggunakan data kuantitatif berupa angka-angka yang
diolah menggunakan statistik sederhana dan data kualitatif dideskripsikan dan diolah
menggunakan analisis naratif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa data kondisi awal siswa sebelum
diberikan konseling individual yang diperoleh menggunakan angket kemandirian
belajar dengan total skor 43 yang termasuk pada kategori rendah. Berdasarkan hasil
penelitian diperoleh katakteristik kemandirian siswa, yaitu: (1) Klien merasa tidak
bersemangat kesekolah keika terlambat. (2)Klien malas ke perpustakaan karena
sekolah tidak pernah menyiapkan fasilitas. (3) Saya sudah punya rencana, jika tidak
lanjut kuliah. (4)Klien merasa sedih saat terlambat ke sekolah, dan klien berjanji
tidak akan mengulanginya lagi. (5) Klien bisa menerima nilai rendah dari guru,
meski kelien berhak mendapat yang lebih tinggi. Pada fase intervensi setelah siswa
diberikan treatment layanan konseling dengan pendekatan realitas diperoleh total
skor sebesar 52 yang termasuk pada kategori sedang. Sehingga kesimpulan dari
penelitian ini adalah konseling individual dengan teknik konseling realitas memiliki
pengaruh untuk mengatasi masalah kemandirian siswa kelas XI TKJ SMK Al-
Mukhtary NW Bungtiang.
Kata Kunci: Teknik Konseling Realitas, Kemandirian Siswa.