Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konseling logo therapy
untuk mengatasi kesulitan memahami dan menemukan makna belajar pada siswa
MA NW lenek lauq Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah
penelitian eksperimen dengan desain penelitian eksperimen Subjek Tunggal (
Single Subject Design). Subjek penelitian ini adalah seorang siswa kelas XI IPS.
Yang mengalami kesulitan memahami dan menemukan makna belajar, di analis
data dengan menggunakan angket kesulitan menemukan makna belajar. analisis
data dengan menggunakan analisis kuantitatif berupa angka-angka yang di olah
menggunakan statistik sederhana dan data kualitatif dideskripsikan dan di olah
menggunakan analisis naratif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada data kondisi awal siswa sebelum di
berikan konseling individual termasuk kategori sangat sulit. Setelah mendapatkan
treatmen konseling individual dengan pendekatan konseling logo therapy
kemudian sebagian siswa semakin menurun dan termasuk pada kategori tidak
mengalami kesulitan menemukan makna belajar.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah konseling individual dengan teknik
Konseling Logo Therapy Efektif Untuk Mengatasi Kesulitan Memahami Dan
Menemukan Makna Belajar di MA NW Lenek Lauk Tahun Pelajaran 2017/2018
Kata Kunci: Konseling Logo Therapy, Siswa Kesulitan Menemukan Makna
Belajar