Abstract :
Lalu dwiefri reza (2018) “Pengaruh Konseling Individu Dengan Pendekatan
Realitas untuk Mengatasi Masalah Membolos Siswa di SMAN 2 Masbagik Tahun
Pelajaran 2017/2018â€. Skripsi, jurusan ilmu pendidikan, Program studi bimbingan
dan konseling Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan FKIP Universitas
Hamzanwadi. Drs.I Dewa Putu Partha,M.Pd. Pembimbing I dan Fitri
Aulia,M.Pd.i. selaku Pembimbing ke II.
Kata-Kata kunci:Konseling Individu Pendekatan Realitas dan Membolos
Masalah membolos siswa merupakan perilaku kurang disiplin yang dilakukan
oleh seseorang siswa pada kelas X.3 di SMAN 2 Masbagik, dan konseling realitas
merupakan pemberian bantuan yang dilakukan oleh konselor kepada siswa dalam
wawancara konseling yang berfokus pada upaya menumbuhkan kesadaran akan
tanggung jawab dalam mengembangkan kehidupan yang lebih baik secara
rasional sesuai kenyataan yang ada dalam kehidupannya.Penelitian ini bertujuan
untuk mengatasi/mengurangi masalah membolos siswa di SMAN 2 Masbagik
Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain
eksperimen subjek tunggal (Single Subject Design).
Subjek penelitian ini adalah seorang siswa kelas x.3. teknik pengumpulan data
menggunakan angket masalah membolos siswa dan dianalisis menggunakan data
kuantitatif berupa angka-angka yang diolah menggunakan statistik sederhana dan
data kualitatif dideskripsikan dan diolah menggunakan analisis naratif.
Berdasarkan karakteristik membolos siswa yang sealu membolos ketika ada mata
pelajaran tertentu di kelas dan selalu mengirim surat izin palsu sehingga klien
lebih senang berhari-hari tidak masuk sekolah dan terbiasa menghabiskan waktu
berada di luar kelas daripada ikut belajar bersama teman-teman. Selanjutnya
setalah klien di berikan layanan konseling individu menggunakan pendekatan
realitas terjadi perubahan skor ke arah yang lebih baik yakni dengan skor 42
(31,91%) yaitu katagori membolos ringan karena berada pada rentang skor 32%
s/d 42,66%.