Abstract :
Masalah pokok yang melatar belakangi penelitian ini adalah Kurang Kreatif Siswa
Dalam Menjahit, tujuan penelitian ini adalah Meningkatkan Kreativitas Menjahit Melalui
Modul Bimbingan Karir Pada Siswa SMK Bajang NW Ajan . Model pengembangan yang
digunakan dalam penelitian ini adalah model Borg and Gall yang disederhanakan menjadi
5 langkah yang terdiri dari: 1) Desain penelitian, 2) Perencanaan, 3) Pengembangan draf
produk, 4) Uji coba Lapangan, 5) Penyempurnaan Revisi produk. Data yang diperoleh
dalam penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Instrumen pengumpulan data
yang digunakan adalah lembar validasi produk (lembar validasi ahli materi, dan tampilan),
angket respon siswa. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data hasil
validasi produk data yang digunakan berupa data kuantitatif ke data kualitatif dengan
menggunakan rumus konversi. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1). Hasil validasi dari
tim ahli validator dari segi materi yaitu dengan nilai ratarata 3,37 dari segi tampilan dengan
nilai rata-rata 3,62 sehingga semua aspek media yang dikembangkan dikategorikan baik 1)
Respon siswa mendapatkan nilai peresentase keseluruhan komponen mencapai 88%. 2)
Hasil angket kreativitas siswa SMK Bajang NW Ajan data hasil ketuntasan belajar siswa
mencapai 12% dari 22 siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa produk modul
bimbingan karir yang telah dikembangkan layak digunakan dalam penelitian ini.
Kata Kunci: Kreativitas Menjahit, Modul Bimbingan Karir