Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konseling dengan
pendekatan behavior untuk meningkatkan disiplin pada siswa kelas IX MTS NW
Senyiur tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan satu orang siswa yang
memiliki tingkat disiplin yang rendah yang diambil sebagai sampel. Desain penelitian
yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain penelitian subjek tunggal dengan
prosedur desain A-B. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan
angket. Data yang diproleh dari angket kemudian dianalisis menggunakan rumus
eksperimen subjek tunggal dengan menghitung banyak skor yang didapatkan pada fase
baseline dan menghitung banyak skor yang didapatkan pada fase intervensi kemudian
dipadukan antara kedua fase tersebut untuk mengetahui pengaruh sebelum dan
sesudah diberikan perlakuan (konseling individu dengan pendekatan behavioral).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada fase baseline mendapatkan skor rata-rata
(MI) 62,5 dan pada fase intervensi mendapatkan skor rata-rata 67,6. Sehingga dapat
disimpulkan bahwa adanya pengaruh pemberian layanan konseling individu dengan
pendekatan behavioral untuk meningkatkan disiplin pada siswa kelas IX MTS NW
Senyiur tahun ajaran 2019/2020.
Kata Kunci: Penggunaan pendekatan konseling behavior untuk meningkatkan disiplin
pada siswa.v