Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan konseling
kelompok Logoterapi untuk mengatasi masalah remaja SMPN 1 Suralaga tahun
pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan satu orang siswa yang memiliki
tingkat permasalahan emosional yang tinggi yang diambil sebagai sampel. Desain
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain penelitian subjek
tunggal dengan prosedur desain A- B. Teknik pengumpulan data dalam penelitian
ini mengunakan skala masalah remaja. Data yang diperoleh dari angket kemudian
dianalisis menggunakan rumus eksperimen subjek tunggal dengan menghitung
banyak skor yang didapatkan pada fase baseline dan menghitung banyak sekor
yang didapatkan pada fase intervensi kemudian dipadukan antara kedua fase
tersebut untuk mengetahui pengaruh sebelum dan sesudah diberikan perlakuan
(konseling kelompok). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada fase baseline
mendapatkan sekor rata-rata 65 dan pada fase intervensi mendapatkan sekor ratarata 62. Sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh pemberian layanan
konseling kelompok untuk mengatasi masalah emosional remaja.
Kata kunci : konseling kelompok, logoterapi, masalah remaja