Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang peran guru BK dalam
implementasi program bimbingan dan konseling di sekolah menengah atas se-
Lombok Timur tahun pelajaran 2018/2019.Jenis penelitian ini adalah penelitian
yang menggunakan metode survei, yang diukur dengan menggunakan instumen
angket sebagai alat pengumpul data yang utama dan dilengkapi dengan
wawancara. Sampel pada penelitian ini berjumlah 3 (tiga) sekolahyaitu (SMAN 1
Masbagik, SMAN 1 Suralaga dan SMAN 1 Sukamulia) yang dipilih dari tiga
kecamatan se-Lombok Timur. Data yang diperoleh berupa data kuantitatif, yang
selanjutnya skor yang diperoleh dianalisis ke dalam persentase. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa peran guru BK dalam implementasi program bimbingan dan
konseling di SMAN 1 Masbagik menunjukkan hasil cukup baik, peran guru BK
dalam implementasi program bimbingan dan konseling di SMAN 1 Suralaga
menunjukkan hasil cukup baik, dan Peran guru BK dalam implementasi program
bimbingan dan konseling di SMAN 1 Sukamulia menunjukkan hasil cukup baik.
Dengan demikian hasil penelitian tentang peran guru bimbingan dan konseling
dalam implementasi program BK di SMA Negeri Se-Lombok Timur tahun
pelajaran 2018/2019 tergolong cukup baik, cukup baik, dan cukup baik.
Kata kunci: Peran Guru bimbingan dan konseling, Implementasi Program
bimbingan dan konseling