Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pengaruh layanan bimbingan
kelompok dapat meningkatkan pemahaman keterampilan belajar sekelompok siswa kelas
VIII SMPN 1 Sikur Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini menggunakan
metode eksprimen, Tehnik pengumpulan data menggunakan Kuesioner (Angket) dan
wawancara. Dalam penelitian ini digunakan 10 orang siswa sebagai sampel penelitian.
Penelitian ini menggunakan penelitian Kuantitatif, dengan tehnik analisis data
menggunakan tehnik statistik deskriptif. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
layanan bimbingan kelompok di SMPN 1 Sikur efektip dapat meningkatkan pemahaman
keterampilan belajar sekelompok siswa. Saran untuk guru BK diharapkan dapat
memberikan layanan yang ada dalam bimbingan dan konseling terutama layanan
bimbingan kelompok sebagai upaya dalam meningkatkan pemahaman keterampilan
belajar siswa dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci: peningkatan keterampilan belajar, layanan bimbingan kelompok.