Abstract :
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas layanan konseling
kelompok dengan pendekatan analisis transaksional untuk mengatasi stres dalam
belajar siswa kelas XI MA NW PEPAO LEKOR .jenis penelitian adalah penelitian
eksperimen dengan desain penelitian pre- Eksperimen Design dengan jenis One
Group Pre-test and Post-test Design. Populasi penelitian ini adalah siswakelasXI
MA NW PEPAO LEKOR dengan jumlah siswa17 orang. Metode pengumpulan
data menggunakan instrument angket berskala interval.Dari hasil uji coba
instrument angket tersebut telah valid dan reliable.Sedangkan data dianalisis
dengan menggunakan rumus t-test untuk uji hipotesisnya. Hasil penelitian
menunjukan bahwa layanan konseling kelompok dengan pendekatan analisis
transaksional efektif untuk mengatasi stres dalam belajar, hal ini dapat dilihat dari
analisis t-test yang menunjukan nilai thitung >ttabel (5,251> 1,725), N=17 dan dk = 20
dengan taraf signifikansi 5%. Melalui penelitian ini, Guru diharapkan dapat
memanfaatkan Layanan Konseling Kelompok dengan Pendekatan Analisis
Transaksional dalam mengatasi stres dalam belajar siswa.
Kata kunci: stres dalam belajar, layanan konseling kelompok Dengan pendekatan
analisis transaksional