DETAIL DOCUMENT
EFEKTIVITAS ANALISIS TRANSAKSIONAL DENGAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK UNTUK MENGATASI STRES DALAM BELAJAR SISWA KELAS XI MA NW PEPAO LEKOR TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Total View This Week0
Institusion
Universitas Hamzanwadi
Author
SUJATMIKO, BUDIMAN
Subject
Metode Pembelajaran 
Datestamp
2020-12-22 06:52:49 
Abstract :
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas layanan konseling kelompok dengan pendekatan analisis transaksional untuk mengatasi stres dalam belajar siswa kelas XI MA NW PEPAO LEKOR .jenis penelitian adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian pre- Eksperimen Design dengan jenis One Group Pre-test and Post-test Design. Populasi penelitian ini adalah siswakelasXI MA NW PEPAO LEKOR dengan jumlah siswa17 orang. Metode pengumpulan data menggunakan instrument angket berskala interval.Dari hasil uji coba instrument angket tersebut telah valid dan reliable.Sedangkan data dianalisis dengan menggunakan rumus t-test untuk uji hipotesisnya. Hasil penelitian menunjukan bahwa layanan konseling kelompok dengan pendekatan analisis transaksional efektif untuk mengatasi stres dalam belajar, hal ini dapat dilihat dari analisis t-test yang menunjukan nilai thitung >ttabel (5,251> 1,725), N=17 dan dk = 20 dengan taraf signifikansi 5%. Melalui penelitian ini, Guru diharapkan dapat memanfaatkan Layanan Konseling Kelompok dengan Pendekatan Analisis Transaksional dalam mengatasi stres dalam belajar siswa. Kata kunci: stres dalam belajar, layanan konseling kelompok Dengan pendekatan analisis transaksional 
Institution Info

Universitas Hamzanwadi