Abstract :
Pengaruh bimbingan kelompok dengan pendekatan perilaku terhadap
kemandirian siswa dalam menyelesaikan konflik antar teman Di Kelas XI MA
NW SENYIUR 2018/2019. Skripsi , program stttudy Bimbingan konseling
fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Universitas hamzanwadi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok
dengan pendekatan prilaku terhadap siswa tentang kemandirian siswa dalam
menyelesaikan konflik antar teman di kelas XI MA NW Senyiur. Jenis penelitian
ini adalah eksperimen dengan desain penelitian eksperimen pre-eksperimental
dengan menggunakan one group test posttest design. Subjek penelitian ini adalah
6 orang siswa kelas XI Teknik pengumpulan data menggunakan angket
kemandirian dalam menyelesaikan konflik antar teman dan dianalis dengan
menggunakan data kualitatif berupa diskripsi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa data kondisi awal siswa sebelum
diberikan bimbingan kelompok yang diperoleh menggunakan angket tentang
kemandirian siswa dalam menyelesaikan konflik antar teman termasuk kategori
kurang mandiri, dengan katakteristik 1) Subyek tidak memaafkan kesalah orang
lain. 2). Subyek kurang senang berbagi pengalaman dengan teman 3) Subyek
selalu meminta bantuan orang lain dalam menyelesaikan tugas. 4) Subyek selelu
bertindk sebelum berfikir . 5) tidak tepat waktu dalam mengerjakan pekerjaan
rumah.
Setelah siswa di berikan teritmen layanan bimbingan kelompok, terdapat
perubahan tingkat kemandirian kearah yang lebih baik menjadi katagori mandiri
dengan karakteristik 1). subyek memafkan kesalahan orang lain 2). Subyek
senang berbagi pengalaman dengan teman 3). Subyek tidak selalu meminta
bantuan terhadap orang lain dalam menyelesaikan tugas 4).subyek berfikir
sebelum bertindak 5). Tepat waktu dalam mengerjakan pekerjaan rumah
Sehingga kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh bimbingan
kelompok dengan pendekatan perilaku terhadap kemandirian siswa dalam
menyelesaikan konflik antar teman Di Kelas XI MA NW SENYIUR 2018/2019
Kata Kunci: Bimbingan kelompok, Pendekatan Prilaku, meningkatkan
kemandirian siswa dalam menyelesaikan konflik antar teman