Abstract :
NOVIA HELPIANA, 2017. “Pengaruh konseling Eksistensial humanistik untuk
mengatasi masalah penyesuaian diri siswa padakelas XI SMA NW Pancor
tahun pelajaran 2017/2018†Skripsi, Program Studi Bimbingan dan Konseling,
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Hamzanwadi
2017/2018. Pembimbing I : Dr. Syukri, M.Ap.Kons dan Pembimbing II : M.
Deni Siregar, M.Pd
Kata kunci : Konseling Eksistensial Humanistik Dan Masalah Penyesuaian Diri
Siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konseling Eksistensial
Humanistik untuk mengatasi masalah penyesuaian diri siswa pada kelas XI SMA NW
Pancor tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan satu orang siswa yang
memiliki masalah penyesuaian diri rendah yang diambil sebagai sampel. Desain
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain penelitian subjek
tunggal dengan prosedur desain A-B-A. Teknik pengumpulan data dalam penelitian
ini mengunakan angket. Data yang diperoleh dari angket kemudian dianalisis
menggunakan rumus eksperimen subjek tunggal dengan menghitung banyak sekor
yang didapatkan sebelummendapattreatmenlayanankonseling dan menghitung banyak
sekor yang didapatkan setelahmendapattratmenlayanankonseling. kemudian
dipadukan antara kedua sekor tersebut untuk mengetahui pengaruh sebelum dan
sesudah diberikan layanankonseling individual.Hasil penelitian menunjukkan bahwa
sebelumtreatmenmendapatkan total sekor 81 termasukkategorimasalahberatsekalidan
setelahtreatmen mendapatkan sekor 59 termasukkategorimasalahringan. Sehingga
dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh pemberian layanan konseling eksistensial
humanistik untukmengatasimasalah penyesuaian diri siswa pada kelas XI SMA NW
Pancor tahun pelajaran 2017/2018.