Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok untuk
meminimalisasi konflik keluarga pada kelas XI.IPS di SMAN 1 Aikmel Tahun Pelajaran
2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian preeksperimental design. Dengan desain yang di pergunakan adalah sampel pre-test-pos-test.
Populasi penelitian ini adalah 61 siswa. Teknik pengambilan sampel yang di gunakan
purposive sampling dimana sampel adalah siswa kelas XI.IPS 3 dan XI.IPS 4 yang
jumlahnya 20 orang. Dengan menggunakan metode instrument angket berskala interval yang
telah di uji cobakan dengan hasil uji coba instrumen angket yang telah valid dan reliable.
Sedangkan data dianalisis dengan menggunakan statistic t-test untuk uji hipotesisnya. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa layanan bimbingan kelompok efektif untuk meminimalisasi
dampak konflik keluarga, hal ini dapat dilihat dari analisis t-test yang menunjukkan nilai
thitung > ttabel (10.102 > 1,729), N = 20 dengan taraf signifikansi 5%. Melalui penelitian ini,
guru Bimbingan dan Konseling di harapkan dapat memanfaatkan layanan bimbingan
kelompok untuk meminimalisasi dampak konflik keluarga.
Kata Kunci: Bimbingan Kelompok, Konflik Keluarga.