Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konseling realitas
dalam mengentaskan masalah siswa yang ketergantungan gadget di kelas Vlll
SMP Lab Hamzanwadi Pancor tahun pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini
adalah eksperimen dengan desain penelitian eksperimen Subyek Tunggal (Single
Subject Design) dengan menggunakan desain (A-B-A).Dalam penelitian ini
peneliti menggunakan satu orang siswa yang bermasalah sebagai sampel yaitu
yang diambil dengan teknik purposive.Teknik pengumpulan data dalam penelitian
ini mengguanakan angket.analisis data dilakukan pada fase baseline (A) dan fase
intervensi (B), dan menggunakan rumus eksperimen subyek tunggal dengan
menghitung banyaknya data poin (skor) dalam setiap kondisi, banyaknya variabel
terikat yang ingin diubah, tingkat stabilitas data dan perubahan level data dalam
satu kondisi atau anata kondisi.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya
efektifitas penggunaan konseling realitas untuk menghilangkan ketergantungan
bermain gadget siswa SMP Lab Hamzanwadi Pancor Tahun Pelajaran 2019/2020.
Kata Kunci: Konseling Realitas, Gad